Tips Menulis Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar

Bisnis

Bekerja merupakan salah satu cara manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Dengan bekerja seseorang akan mendapatkan gaji yang digunakan untuk membiayai kebutuhan hidup. Sehingga tak heran jika terdapat sebuah perusahaan yang membuka lowongan akan menjadi serbuah masyarakat. Dan untuk bisa masuk ke proses seleksi, maka biasanya perusahaan akan membuat persyaratan yang harus diajukan, salah satunya adalah contoh surat lamaran kerja.

www.masukuniversitas.com

Surat lamaran kerja menjadi sebuah kunci dalam meyakinkan HRD perusahaan dalam menentukan anda diterima atau tidak untuk menenpati posisi yang dibutuhkan. Oleh karena itu dalam membuat contoh surat lamaran kerja anda tidak boleh hanya seenaknya saja. Karena faktanya surat ini akan memberikan nilai plus bagi anda di mata HRD. Berikut beberapa tips yang harus anda perhatikan ketika menulis surat lamaran kerja:

  1. Format penulisan baik dan benar

Bagi sebagian orang format penulisan dianggap menjadi hal yang tidak penting. Mereka beranggapan jika dengan penulisan yang baik dan jelas saja sudah membuat surat lamaran menarik. Namun faktanya hal ini salah, format penulisan memiliki andi penting dalam suart lamaran kerja.

  1. Format penulisan sesuai EYD

Menggunakan kalimat formal adalah hal wajib yang harus anda lakukan ketika membuat surat lamaran kerja. Pengetahuan mengenai EYD juga akan berpengaruh pada kualitas diri anda. Sehingga tulisalah surat lamaran dengan kaidah EYD beserta dengan tata bahasa yang baik.

  1. Jangan sampai ada coretan dan typo

Coretan dan typo akan membuat kualitas surat lamaran kerja anda menjadi berkurang. Karena secara tidak langsung HRD akan menganalisis jika anda adalah orang yang kurang hati-hati dan teliti dalam melakukan sesuatu.

  1. Usahakan jangan menghapus tulisan yang salah

Sama halnya dengan di atas, ini juga akan berpengaruh terhadap pandangan HRD kepada kualitas diri anda. Jika terdapat kekeliruan saat anda menulis surat lamaran, maka lebih baik jika anda membuat tulisan ulang saja.

  1. Langsung to the point

Tidak beretele-tele serta tidak berlebihan, mudah dipahami dan langsung pada pokok pembahasan adalah poin yang anda harus selalu ingat. Jelaskan secar singkat dan tepat keadaan diri anda sesuai posisi pekerjaan yang dibutuhkan.

Pastikan jika anda juga telah memperlajari contoh surat lamaran kerja yang dibuat. Sebab ketika anda lolos dalam tahap berikutnya, biasanya HRD akan menyuruh anda untuk mempresentasikannya. kenali potensi diri dengan baik agar ketika ditanya anda bisa menjawabnya dengan sigap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *